MyBaliTransport
Hextag
hotline +62 851 00 788 255
  • en translate
  • de translate
  • nl translate
  • cn translate
  • jp translate

Buah Juwet Bali

...

Buah warna ungu ini digemari anak-anak karena rasanya yang manis, segar dan sedikit asam.

Di beberapa daerah di Indonesia dikenal dengan nama yang berbeda-beda. Seperti ; Jambe kleng (Aceh), Jambu kling (Gayo), Jambu kalang (Minang kabau), Jamblang (Betawi dan Sunda), Juwet atau duwet atau duwet manting (Jawa), Dhalas atau dhuwak (Madura), Juwet (Bali), Klayu (Sasak), Duwe (Bima), Jambulan (Flores), Raporapo jawa (Makasar), Alicopeng (Bugis), Jambula (Ternate). Di beberapa negara buah ini dikenal sebagai jamlang, jambelang, duwet (Malaysia), duhat (Filipina), jambul atau jamun atau Java plum (Inggris). Sedangkan dalam bahasa latin (ilmiah) dikenal sebagai Syzygium cumini.

Buah Juwet hidup didaerah yang beriklim tropis. Buahnya kecil-kecil berwarna ungu kemerahan dengan rasa yang manis, sepat, sedikit asam dan menyegarkan. Dulu, juwet banyak dijual di pasar-pasar tradisional di Bali dengan harga murah. Buah ini sangat digemari.

Biasanya sebelum dimakan dikocok dulu dengan campuran garam di dalam panci. Sesudah makan buah juwet ini, mulut dan lidah jadi berwarna ungu. Ini sebabnya anak-anak menjadi suka.

Sebenarnya ada jenis yang berwarna putih yang bisa ditemui didaerah lain di Indonesia, yang dikenal dengan nama Juwet putih, namun sudah jarang ditemui dan kurang populer walaupun rasanya lebih manis, lebih segar, dan kurang sepat.

Pohon Juwet tumbuh liar di kebun, pekarangan rumah, bukit, seperti di Bali anda akan banyak menemukan pohon ini disekitar jalan menuju Pantai Geger Nusa Dua atau daerah bukit Ungasan. Ataupun bila anda ke Pulau Nusa Penida, anda akan temui pohon ini di pekarangan rumah penduduk.

Buah Juwet Bali (Syzygium cumini) masih satu famili dengan jambu air dan cengkeh (Myrtaceae). Pohonnya tinggi, bisa mencapai 10-20 m, dan kayunya baik digunakan sebagai bahan bangunan. 

Untuk kesehatan, buah juwet mengandung antioksidan yang tinggi. Disebabkan oleh pigmen ungu dalam buah tersebut yang dikenal dengan nama antosianin. Daging buah juwet berkhasiat melumas organ paru, menghentikan batuk, peluruh kencing (diuretik), peluruh kentut (karminatif), memperbaiki gangguan pencernaan, merangsang keluarnya air liur, dan menurunkan kadar glukosa darah (hipoglikemik).

Sedangkan Kulit kayu Juwet berkhasiat untuk peluruh haid. Hasil penelitian menunjukkan biji, daun, dan kulit kayu juwet juga mempunyai khasiat menurunkan kadar glukosa darah (efek hipoglikemik) pada penderita diabetes melitus tipe II.

Pernahkah anda mengkonsumsi Buah Juwet yang sekarang semakin langka ini????
...

Yang menarik lainnya

...

LAYANAN

...

Berikut adalah beberapa layanan yang kami berikan untuk Anda.

RENT CAR

Kami menyediakan beragam pilihan kendaraan yang aman dan nyaman dengan tarif bersaing.

TIKET PESAWAT

Kami juga melayani booking tiket pesawat dari berbagai maskapai. Waktu dan destinasi Anda yang menentukan.

HOTEL RESERVATION

Anda bisa melakukan booking hotel dengan leluasa. Kami akan memberikan list hotel sesuai dengan keinginan dan budget Anda.

PAKET TOUR

Kami memiliki beragam paket wisata di Bali, mulai dari yang adventurous hingga bulan madu yang romantis.

PEMESANAN

...

Untuk melakukan pemesanan silahkan isi form dibawah ini.
Sertakan nama paket dalam kolom pesanan.

PEMESANAN

ALAMAT KAMI

  • Jalan Diponegoro No.160, Pertokoan IDT Genteng Biru A-26, Denpasar 80119
    Bali - Indonesia
  • (+62) 851 00 788 255
  • info@mybalitransport.com
  • 9.00am - 5.00pm