MyBaliTransport
Hextag
hotline +62 851 00 788 255
  • en translate
  • de translate
  • nl translate
  • cn translate
  • jp translate

Hari Raya Galungan

...

Makna dari Hari Raya Galungan  di Bali adalah hari kemenangan Dharma (Kebaikan) melawan Adharma (Kejahatan). Galungan diadakan setiap 210 hari sekali, yaitu pada hari Rabu Kliwon Wuku Dungulan

Kata Galungan berasal dari bahasa Jawa Kuno yang mempunyai arti Menang. Galungan mempunyai arti yang sama juga dengan kata Dungulan, yang artinya juga Menang. Galungan dirayakan pertama kalinya pada hari Purnama Kapat, Budha Kliwon Dungulan, pada tahun Saka 804 (882 Masehi).

Apabila bertepatan dengan bulan purnama, maka hari raya Galungan diadakan dengan upacara yang berbeda dengan biasanya. Disamping itu ada keyakinan bahwa hari Purnama itu adalah hari yang diberkahi oleh Sanghyang Ketu yaitu Dewa Kecemerlangan. Ketu artinya terang (lawan katanya adalah Rau yang artinya gelap). Karena itu Galungan, yang bertepatan dengan bulan purnama disebut Galungan Nadi, yang datangnya sekitar kurun waktu 10 tahun sekali.Berdasarkan Lontar Purana Bali Dwipa Disebutkan pula, bahwa pulau Bali saat merayakan Galungan pertama itu bagaikan Indra Loka.

Seperti yang dipaparkan dalam Lontar Sri Jayakasunu, Galungan sempat di hentikan perayaannya pada masa Raja Sri Ekajaya (tahun Saka 1103) dan juga Raja Sri Dhanadi. Namun saat Galungan dihentikan perayaannya banyak terjadi musibah dan malapetaka yang menimpa Bali. Yang menyebabkan banyak pejabat kerajaan meninggal diusia yang masih muda. Kemudian setelah meninggalnya Raja Sri Dhanadi dan digantikan oleh Raja Sri Jayakasunu pada tahun 1126 Saka. Raja Sri Jayakasunu melakukan tapa brata hingga mendapatkan bisikan gaib yang berasal dari Dewi Durgha. Dewi Durgha menjelaskan kepada Raja bahwa leluhurnya selalu berumur pendek karena tidak lagi merayakan Galungan. Dewi pun meminta agar diadakan kembali perayaan Galungan pada setiap Rabu Kliwon Dungulan sesuai dengan tradisi yang pernah ada. Lalu dewi Durgha juga meminta Raja beserta rakyatnya untuk memasang Penjor. Yang maknanya sebagai ungkapan terima kasih kehadapan Hyang Widhi Wasa (Tuhan Yang Maha Esa). Akhirnya, Galungan dirayakan kembali setelah beberapa tahun tidak dirayakan.


Sehari sebelum  Hari Raya Galungan yaitu pada hari selasa, dinamakan Penampahan Galungan. Yang mempunyai makna menghilangkan segala nafsu dan sifat yang tidak baik dalam diri manusia, untuk menyambut Hari Raya Galungan dengan hari bersih dan suci. Di hari ini, umat Hindu di Bali mengadakan persiapan sehubungan dengan perayaan seperti membuat banten (persembahan), penjor dan lainnya.


Sehari setelah Hari Raya Galungan dinamakan Manis Galungan. Diadakan persembahyangan di rumah masing-masing. Kemudian setelahnya saling berkunjung ke tetangga maupun saudara, saling memaafkan dan mendoakan kesejahteraan.

Hari-hari berikutnya masih dilanjutkan dengan sederetan upacara berkaitan dengan Hari Raya Galungan. Dan seminggu setelahnya, tepatnya hari Sabtu Kliwon Wuku Kuningan akan dirayakan sebagai Hari Raya Kuningan.

Di seluruh Kabupaten dan kota yang ada di Bali, Umat Hindu melakukan persembahyangan dalam rangka Hari Raya Galungan di Pura terdekat. 
Dan untuk itu, Sekolah dan Instansi diliburkan selama 3 hari guna menyambut Hari Raya Galungan. 

Penjor akan ramai disetiap pagar rumah disepanjang jalan. Sarana persembahyangan pun dihaturkan. 
Dan pastinya akan unik, karena umat Hindu dengan berpakaian persembahyangan ada diseluruh Bali untuk Hari Raya Galungan.

...

Yang menarik lainnya

...

LAYANAN

...

Berikut adalah beberapa layanan yang kami berikan untuk Anda.

RENT CAR

Kami menyediakan beragam pilihan kendaraan yang aman dan nyaman dengan tarif bersaing.

TIKET PESAWAT

Kami juga melayani booking tiket pesawat dari berbagai maskapai. Waktu dan destinasi Anda yang menentukan.

HOTEL RESERVATION

Anda bisa melakukan booking hotel dengan leluasa. Kami akan memberikan list hotel sesuai dengan keinginan dan budget Anda.

PAKET TOUR

Kami memiliki beragam paket wisata di Bali, mulai dari yang adventurous hingga bulan madu yang romantis.

PEMESANAN

...

Untuk melakukan pemesanan silahkan isi form dibawah ini.
Sertakan nama paket dalam kolom pesanan.

PEMESANAN

ALAMAT KAMI

  • Jalan Diponegoro No.160, Pertokoan IDT Genteng Biru A-26, Denpasar 80119
    Bali - Indonesia
  • (+62) 851 00 788 255
  • info@mybalitransport.com
  • 9.00am - 5.00pm