MyBaliTransport
Hextag
hotline +62 851 00 788 255
  • en translate
  • de translate
  • nl translate
  • cn translate
  • jp translate

Pura Tirta Empul, Tampak Siring

...

Tirta Empul artinya adalah air suci yang menyembur keluar dari tanah. Terletak di wilayah desa Manukaya, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali.

Pura Tirtha Empul sebagai peninggalan Kerajaan di Bali, salah satu dari beberapa peninggalan purbakala yang menarik untuk disaksikan dan diketahui di desa ini. Disebelah Barat Pura, pada ketinggian terdapat Istana Presiden yang dibangun pada pemerintahan Presiden Pertama Republik Indonesia Soekarno.

Area tengah Pura, tempat masyarakat melakukan persembahyangan.


Mengenai nama pura ini kemungkinan besar diambil dari nama mata air yang terdapat didalam pura ini yang bernama Tirtha Empul seperti yang telah disebutkan diatas. Secara etimologi bahwa Tirtha Empul artinya air yang menyembur keluar dari tanah. Maka Air Tirta Empul mengalir ke sungai Pakerisan. Sepanjang aliran sungai ini terdapat beberapa peninggalan purbakala. Pendirian pura ini diperkirakan pada tahun 960 AD. pada jaman Raja Chandra Bhayasingha dari Dinasti Warmadewa. Seperti biasa pura – pura di Bali, pura ini dibagi atas Tiga bagian yaitu : Jaba Pura (Halaman Muka), Jaba Tengah (Halaman Tengah) dan Jeroan (Halaman Dalam).



Pada Jaba Tengah terdapat 2 (dua) buah kolam persegi empat panjang dan kolam tersebut mempunyai 30 buah pancuran yang berderet dari Timur ke Barat menghadap ke Selatan. Masing-masing pancuran itu menurut tradisi mempunyai nama tersendiri diantaranya pancuran Pengelukatan,Pebersihan, Sudamala dan Pancuran Cetik (Racun). 

Pancuran Cetik dan nama Tirta Empul ada hubungannya dengan mitologi yaitu pertempuran Mayadenawa Raja Batu Anyar (Bedahulu) dengan Bhatara Indra. Dalam mitologi itu diceritakan bahwa Raja Mayadenawa bersikap sewenang-wenang dan tidak mengijinkan rakyat untuk melaksanakan upacara – upacara keagamaan untuk mohon keselamatan dari Tuhan Yang Maha Esa. Setelah perbuatan itu diketahui oleh Para Dewa, maka para dewa yang dikepalai oleh Bhatara Indra menyerang Mayadenawa. Akhirnya Mayadenawa dapat dikalahkan dan melarikan diri sampailah disebelah Utara Desa Tampak siring. 

Akibatnya kesaktiannya Mayadenawa menciptakan sebuah mata air Cetik (Racun) yang mengakibatkan banyaknya para laskar Bhatara Indra yang gugur akibat minum air tersebut. Melihat hal ini Bhatara Indra segera menancapkan tombaknya dan memancarkan air keluar dari tanah (Tirta Empul) dan air Suci ini dipakai memerciki para Dewa sehingga tidak beberapa lama bisa hidup lagi seperti sedia kala.

Air yang keluar dari beberapa pancoran di Tirta Empul, dipercaya dapat menyembuhkan segala macam penyakit

Pesona Obyek Wisata Tampak Siring (Pura Tirta Empul) sangatlah indah. Bagaimana tidak, jika berkunjung ke tempat ini, anda akan menjumpai masyarakat berbondong-bondong untuk melakukan ritual penyucian diri dengan cara berendam dan membasuh tubuh mereka di pancoran yang ada di Tirta Empul. Dan pemandangan alam sekitarnya pun mampu menyedot wisatawan untuk berkunjung ke tempat ini. Dari jaman dahulu hingga saat ini, keberadaan kolam masih di tempat semula dan tidak banyak berubah.


Fasilitas umum yang ada di sekitar Pura Tirta Empul Tampaksiring seperti misalnya : terdapat kios makanan dan minuman di luar area Pura Tirta Empul, Penjual oleh-oleh Bali, Area Parkir yang luas, ATM, Toilet Umum, Ruang Ganti

Untuk Jam Buka berkunjung ke Obyek WIsata Tampak Siring - Pura Tirta Empul adalah Buka Setiap Hari Mulai jam 08.00 dan Tutup jam 18.00, Kecuali Hari Raya Nyepi. Akan ramai dikunjungi saat Hari Besar dan Hari Raya.

Keramaian masyarakat yang memohon keajaiban penyembuhan melalui Pancuran yang keluar dari mata air di Pura Tirta Empul Tampak Siring.


Pengunjung yang datang ke Tampak Siring Pura Tirta Empul diwajibkankan untuk membeli Tiket Masuk area Pura Tirta Empul Tampak Siring yang di tahun 2017 dikenakan Harga Tiket sebesar Rp. 15.000 untuk Dewasa dan Rp. 7.000 untuk Anak-anak (3 – 12 tahun). Dan setiap pengunjung yang masuk ke area Pura ini diharuskan menggunakan kain dan selendang yang sudah disediakan oleh pihak pengelola Pura Tirta Empul Tampak Siring Bali.


Terlihat dalam foto diatas, tampak masyarakat melaksanakan ritual penglukatan (pembersihan diri) melalui pancoran yang keluar dari sumber mata air Tirta Empul.


Lokasi Obyek Wisata Pura Tirta Empul dan Alamat Pura Tirta Empul Gianyar adalah di Jalan Tirta Empul, Tampaksiring, Gianyar, Bali.


Peta TirtaEmpul Tampak Siring Bali


Bagi yang hendak melakukan Pengelukatan (Pembersihan Diri dengan mandi di kolam air suci) di Pura Tirta Empul Tampak Siring, diharapkan agar mematuhi tata tertib atau ketentuan adat yang berlaku, yaitu :
- Menghaturkan Yadnya Apetik Sari
- Tidak diperkenankan memakai sabun, tapal gigi, shampoo dan sejenis lainnya
- Supaya memakai pakaian adat
- Bagi para wanita, saat melebur (mandi) harus memakai baju
- Tidak boleh mencuci segala jenis pakaian
Bagi yang melanggar ketentuan No. 1 sampai 4 dikenakan sangsi Yadnya Eka Sato, dan pelanggaran terhadap ketentuan No. 5 dikenakan sangsi Yadnya Manca Sato

Tampak diatas adalah foto peraturan yang diukir disebuah batu besar, dimana setiap pengunjung area Pura Tirta Empul yang hendak melakukan ritual Pengelukatan harus mematuhi tata tertib yang berlaku seperti yang diuraikan diatas.

Memperhatikan akan arti dan kesucian serta fungsi pura sebagai tempat ibadah umat Hindu, maka terdapat larangan masuk pura bagi :
- Wanita dalam keadaan datang bulan (menstruasi), habis melahirkan dan habis gugur kandungan.  - Dalam keadaan sedang tertimpa halangan kematian (sebel).
- Tidak mentaati tata krama masuk pura.
- Menderita noda- noda lain yang karena sifatnya dapat dianggap menodai kesucian pura.
- Menodai kesucian pura (berpakaian tidak sopan, berhajat besar atau kecil, bercumbu, berkelahi, mencoret- coret bangunan atau pelinggih)

REVIEW
Testimoni dan Ulasan Pura Tirta Empul Bali :
“Pura yang indah, semua orang bisa menemukan kedamaian disini (Santri - Bandung)"
...

Yang menarik lainnya dalam satu daerah

...

LAYANAN

...

Berikut adalah beberapa layanan yang kami berikan untuk Anda.

RENT CAR

Kami menyediakan beragam pilihan kendaraan yang aman dan nyaman dengan tarif bersaing.

TIKET PESAWAT

Kami juga melayani booking tiket pesawat dari berbagai maskapai. Waktu dan destinasi Anda yang menentukan.

HOTEL RESERVATION

Anda bisa melakukan booking hotel dengan leluasa. Kami akan memberikan list hotel sesuai dengan keinginan dan budget Anda.

PAKET TOUR

Kami memiliki beragam paket wisata di Bali, mulai dari yang adventurous hingga bulan madu yang romantis.

PEMESANAN

...

Untuk melakukan pemesanan silahkan isi form dibawah ini.
Sertakan nama paket dalam kolom pesanan.

PEMESANAN

ALAMAT KAMI

  • Jalan Diponegoro No.160, Pertokoan IDT Genteng Biru A-26, Denpasar 80119
    Bali - Indonesia
  • (+62) 851 00 788 255
  • info@mybalitransport.com
  • 9.00am - 5.00pm