MyBaliTransport
Hextag
hotline +62 851 00 788 255
  • en translate
  • de translate
  • nl translate
  • cn translate
  • jp translate

Nusa Penida Festival 2016

...

Exploring the Blue Paradise Island, Datang dan Kunjungi Nusa Penida Festival 2016, berlokasi di Banjar Nyuh Desa Ped - Nusa Penida Klungkung Bali, 07 - 09 Oktober 2016

"Enjoy the Blue Paradise” yang artinya sebagai Pulau yang memiliki samudera yang biru dengan sejuta keanekaragaman hayatinya. Pulau Nusa Penida sebagai salah satu bagian dari Kabupaten Klungkung Bali, sangat memikat wisatawan untuk berkunjung ke daearah ini. Nusa Penida adalah surga baru yang memiliki banyak sekali potensi wisata Bahari dan desa wisata yang dapat dikunjungi. Suasana pantai yang menakjubkan, latar belakang pemandangan mengagumkan sisi kanan Gunung Agung dan sisi kiri hamparan hijau mangrove pulau Nusa Lembongan dan Ceningan. Ketika saat langit lagi menguning momen paling dinantikan, rasa takjub melihat keagungan anugrah Sang Pencipta. Ini menjadikan Nusa Penida sebagai daerah wisata baru di Bali.


Berbagai kegiatan bernuansa bahari akan hadir dalam Festival Nusa Penida 2016 yang diadakan di Dermaga BanjarNyuh Desa Ped, diantaranya pementasan massal tari khas Nusa Penida, live music, pameran, touring, aksi bersih pantai, melakukan transplantasi terumbu karang, juga ikut serta dalam pendidikan alam bahari.


Digelar juga berbagai perlombaan untuk umum seperti lomba perahu nelayan, lomba perahu mini, lomba renang, serta lomba photography.




Berbagai macam acara yang dapat anda saksikan dan kunjungi dalam Festival Nusa Penida 2016 di Pulau Nusa Penida antara lain :

Tari-tarian Nusa Penida : Budaya Nusa Penida terjaga secara alami. Asimilasi dan akulturasi budaya sulit terjadi di Pulau Nusa Penida karena harus melintasi laut yang jauh dengan pulau Bali. Seni dan tari di Nusa Penida khas dan unik. Ada di Nusa Penida tetapi tidak ada di tempat lain di Bali. Misalnya tari jangkang, Gandrung Bungan Urip, Sanghyang Gerodog dan lainnya.

Upacara Pekelem : Upacara pekelem adalah upacara yang dilakukan umat Hindu dengan menenggelamkan banten dan hewan korban ke laut. Karena laut dan gunung dalam agama Hindu dipercaya sebagai Predana dan Purusa. Tujuannya sebagai wujud syukur karena laut telah memberika kehidupan, wujud bhakti dan permohonan keselamatan kepada Dewa Laut atau Dewa Baruna yang disebut pula Dewa Waruci.

Pameran Kerajinan : Kabupaten Klungkung Bali khususnya Nusa Penida memiliki aneka kerajinan seperti : kain tenun Rangrang, logam, Kayu maupun kerajinan dari olahan bahan alam lainnya.

Tari Rejang Dewa Massal : Tari rejang dewa adalah tari yang dilakukan untuk menyambut para dewa yang turun ke dunia. Biasanya pada upacara di Pura. Dalam Nusa Penida Festival 2015 diadakan secara massal 1.000 orang. Maknanya untuk menyambut turunnya Dewa Baruna beserta Dewa lain yang memberikan anugerah berupa keselamatan dan kelancaran acara.

Snorkling : Alam bawah laut Nusa Penida sangat indah dengan biota lautnya yang beragam. Untuk memperkenalkannya diadakan snorkling di beberapa titik yang biasanya digemari snorkling. Misalnya disekitar Crystal Bay maupun di Pantai di Lembongan.

Megolok Sampan : Untuk mengangkut rumput laut dari darat ke Pantai atau sebaliknya, petani rumput laut di Lembongan menggunakan sampan dan didorong dengan bambu atau kayu. Proses ini disebut megolok sampan. Pada Nusa Penida Festival 2015 diadakan lomba adu kecepatan megolok sampan.


Surfing : Ombak di Nusa Penida khususnya di Pulau Lembongan baik untuk surfing. Baik peselancar pemula maupun yang sudah mahir. Pantai yang digemari Surfer di Lembongan yaitu Shipwreck, Razors, Laceration, Playground, Dae, dan Mahana Point.

Bersih Pantai : Kebersihan sangat penting terlebih daerah Nusa Penida sebagai tujuan wisata. Untuk membudayakan dan kampanye kebersihan diadakan bersih pantai oleh seluruh masyarakat sehingga masyarakat dan wisatawan bisa memaknainya.

Lomba Perahu Layar : Nelayan Nusa Penida dulunya hanya menggunakan tradisional yaitu perahu layar. Berangkat pukul 04.00 wita pulang pukul 08.00 WITA. Nelayan Nusa Penida dikenal pelaut ulung dan tangguh, gelombang yang ganas dan angin kencang bukan halangan. Pada Nusa Penida Festival 2015 diadakan lomba perahu layar yang beradu kecepatan dengan tenaga angin.

Lomba Ngeles dan Negul Bulung : Masyarakat pesisir Nusa Penida mata pencahariannya sebagian besar adalah rumput laut dengan sistem patok, yaitu patok di isi tali dengan ukuran besar. Pada tali (ris) tersebut diikat tali berukuran lebih kecil. Terlebih dahulu rumput laut yang telah diikat dengan tali rafia. Untuk itu rumput laut diikat dengan tali rafia dan setelah meraut atau panen hasil ikatan tali rapia harus dibuka (keles).

Lomba Busana Bali : Saat Nusa Penida Festival 2015 yang lalu diadakan lomba busana Bali diperuntukkan untuk wisatawan asing. Terdapat kesan tersendiri bagi wisatawan.

Tari I Renggan : I Renggan adalah nama tokoh Nusa Penida pada zaman dahulu. Ia bisa membuat perahu yang bisa menjadikan daratan menjadi lautan. Karenanya daratan disekitar Padang Bay menjadi gugusan pulau-pulau kecil. Diyakini pula Pura Batu Medahu dan Pulau Lembongan dan Ceningan adalah Perahu I renggan yang membatu. Hal itu merupakan seimbol nenek moyang Nusa Penida sebagai pelaut yang tangguh. Saat Nusa Penida Festival 2015 yang lalu ditampilkan tari ceita tentang tokoh I Renggan melalui tari Kontemporer sesuai dengan tema Festival yaitu bahari.

Tari Jangkang Nusa Penida : Ini merupakan tarian sakral, sebelum dipentaskan biasa didahului dengan ritual atau upacara sesuai dengan kepercayaan desa setempat. Tari Jangkakng Pelilit akan dipentaskan dengan jumlah penari sebanyak 1000 orang dalam Festival Nusa Penida 2016.

Tour Keliling : Nusa Penida adalah Pulau kecil yang indah. Untuk melihatnya bisa seharian. Pada Festival Nusa Penida 2015 tour wisata Keliling dengan sepeda diadakan di Pulau Lembongan. Acara Festival Nusa Penida 2016 pun terdapat Tour wisata yang dikhususkan di Pulau Nusa Penida.

Transplantasi Karang Terumbu : Kelestarian terumbu karang adalah kunci keberlangsungan satwa laut sehingga kesehatan dan pelestarian Terumbu Karang harus terus diupayakan.

Pendidikan Pelestarian Laut : Anak-anak dan masyarakat umum diberikan pendidikan dan informasi tentang pelestarian laut yang telah memberi hidup dan kehidupan.

Musik : Untuk menghibur pengunjung, Wisatawan dan masyarakat di Lembongan akan diadakan live music dari band lokal dan luar Nusa Penida. Malam Festival Nusa Penida 2016 akan dimeriahkan oleh sejumlah Band terkenal dan DJ diantaranya : Superman Is Dead (SID) saat penutupan.

Lomba Fotografi : Fotografi adalah media yang efektif untuk mengabadikan peristiwa, tempat maupun orang. Ditampilkan keindahan alam, budaya dan bahari Nusa Penida.



Nusa Penida merupakan sebuah pulau di tenggara Pulau Bali yang memiliki banyak tempat indah belum terjamah namun tidak kalah dari yang ada di Bali daratan. Nusa Penida sebagai sebuah kecamatan di Kabupaten Klungkung, Bali memiliki luas 202,2 Kilometer persegi. 202,2 Kilometer persegi tersebut ada ditiga pulau, yakni Nusa Gede, Nusa Ceningan dan Pulau Lembongan. Mata pencaharian masyarakat Nusa Penida adalah berkebun, beternak, pengerajin, nelayan dan sebagai petani rumput laut.

Untuk mencapai Pulau Nusa Penida, Anda dapat menjangkaunya dari Pantai Sanur, Kusamba dan Padang Bay. Pengunjung bisa memanfaatkan jasa transportasi dari Quicksilver Cruise dan speed-boat ke Nusa Penida atau Fastboat Nusa Penida yang dapat dicapai sekira 45 menit dari Pelabuhan Benoa atau Sanur. Serta transportasi reguler setiap hari dengan perahu kayu dari Sanur menuju Desa Jungut Batu dan Nusa Lembongan.




Jadwal Acara Festival Nusa Penida 2016 :
Hari dan TanggalKegiatanWaktu
Jumat, 7 Oktober 2016 Pembukaan Nusa Penida Festival 2016
Pembukaan Pameran
Tari Pembukaan BURAT WANGI
- Sambutan Ketua Panitia
- Sambutan Bupati Klungkung
- Sambutan Menteri Pariwisata Republik Indonesia
Launching : THE BLUE PARADISE ISLANDS
- Sound Track
- Lagu pesona Indonesia
Tari Jangkang (1000 Penari)
Live Musik
14.30 Wita









19.00 Wita
Sabtu, 8 Oktober 2016 Bersih-bersih Pantai
Transpantasi Terumbu Karang
Touring
Karnaval Budaya
Pementasan Tari Sang Hyang Jaran
Live Musik
07.00 Wita
07.00 Wita
08.00 Wita
15.00 Wita
19.00 Wita
20.00 Wita
Minggu, 9 Oktober 2016 Touring
Lomba Perahu Layar Mini
Lomba Perahu Layar
Lomba Renang
Penutupan Nusa Penida Festival 2016
08.00 Wita
08.00 Wita
10.00 Wita
14.00 Wita
19.00 Wita



Bagaimana cara untuk mengunjungi Festival Nusa Penida 2016 ...

Lokasi dan Alamat Festival Nusa Penida 2016 :
Lokasi Festival Nusa Penida 2016 adalah di Dermaga Banjar Nyuh Desa Ped, Nusa Penida, Kabupaten Klungkung - Bali, Indonesia
Hubungi kami untuk pemesanan perjalanan ke Nusa Penida Festival 2016 : +6285100788255 (Untuk penjelasan lebih lanjut tentang informasi Festival Nusa Penida 2016).
Telepon & Pesan teks (Chat, Google+, Line, Whatsapp atau SMS) Petugas kami akan melayani Anda dan Anda dapat berbicara dengan team Bali Tripadvisor, yang akan membantu Anda dalam menjelaskan obyek wisata di Bali dan keperluan akan perjalanan wisata Anda di Bali serta liburan di Bali.


REVIEW
Testimoni dan Ulasan Festival Nussa Penida 2016 :
"Kegiatan tahunan di Pantai dan Obyek Wisata baru di Bali"

...

Yang menarik lainnya dalam satu daerah

...

LAYANAN

...

Berikut adalah beberapa layanan yang kami berikan untuk Anda.

RENT CAR

Kami menyediakan beragam pilihan kendaraan yang aman dan nyaman dengan tarif bersaing.

TIKET PESAWAT

Kami juga melayani booking tiket pesawat dari berbagai maskapai. Waktu dan destinasi Anda yang menentukan.

HOTEL RESERVATION

Anda bisa melakukan booking hotel dengan leluasa. Kami akan memberikan list hotel sesuai dengan keinginan dan budget Anda.

PAKET TOUR

Kami memiliki beragam paket wisata di Bali, mulai dari yang adventurous hingga bulan madu yang romantis.

PEMESANAN

...

Untuk melakukan pemesanan silahkan isi form dibawah ini.
Sertakan nama paket dalam kolom pesanan.

PEMESANAN

ALAMAT KAMI

  • Jalan Diponegoro No.160, Pertokoan IDT Genteng Biru A-26, Denpasar 80119
    Bali - Indonesia
  • (+62) 851 00 788 255
  • info@mybalitransport.com
  • 9.00am - 5.00pm