MyBaliTransport
Hextag
hotline +62 851 00 788 255
  • en translate
  • de translate
  • nl translate
  • cn translate
  • jp translate

Difabel Bisu Tuli Desa Bengkala : Korban Tradisi?

...

Desa ini dikenal sebagai desa yang sebagian dari warganya menderita bisu tuli, atau yang kerap disebut kolok. 

Pernahkah anda mendengar tentang Desa Bengkala? Ya, Desa Bengkala adalah desa yang terletak di Kecamatan Kubu Tambahan, Buleleng. Desa ini dikenal sebagai desa yang sebagian dari warganya menderita bisu tuli, atau yang kerap disebut kolok. 

Jumlah warga kolok di desa Bengkala mencapai 50 dari 2276 jiwa. Mungkin sekilas angka tersebut tidak mengejutkan anda, tetapi mengingat angka kejadian bisu tuli bawaan hanya terjadi pada 1 dari 10.000 kelahiran, tentu saja jumlah warga bisu tuli di Desa Bengkalan tergolong sangat tinggi dan tidak wajar.



Apabila ditanyai mengenai penyebab dan asal muasal terjadinya bisu tuli massal di Desa Bengkala, warga setempat memiliki jawaban yang beragam dengan versi ceritanya masing-masing. Beberapa warga percaya bahwa hal ini terjadi karena dahulu Desa Bengkala sempat didatangi makhluk jadi-jadian yang menyebarkan wabah "kolok" (bisu tuli dalam bahasa Bali) ke warga yang tinggal di desa tersebut. 
Ada pula yang percaya bahwa bisu tuli adalah sebuah kutukan. Konon, pernah terjadi perselisihan yang memecah warga menjadi dua kubu. Salah satu kubu memutuskan untuk pergi dan membawa banyak harta, mereka pergi tanpa sama sekali menggubris panggilan dari kubu lainnya. Kubu yang ditinggalkan pun geram dan mengutuk keturunan kubu yang pergi agar tidak dapat mendengar maupun berbicara. Bagaimanapun, mitos-mitos tersebut tidak dapat dipastikan kebenarannya.  



Setelah dilakukan penelitian terhadap difabel di Desa Bengkala oleh beberapa tim peneliti, ditemukanlah bahwa entah sejak kapan, sebagian warga Bengkala mengalami mutasi gen sehingga membawa gen ketulian yang tidak dominan atau resesif. Namun faktor yang sebenarnya menyebabkan terjadinya fenomena ini adalah tradisi warga setempat yaitu menikahi saudara sendiri atau pernikahan sedarah Mengapa hal tersebut menyebabkan bisu tuli massal? 


Karena pernikahan dengan saudara kandung atau saudara yang dekat meningkatkan secara drastis kemungkinan mendapatkan dua salinan gen yang merugikan. Apabila terjadi pernikahan sedarah, baik bapak maupun ibu yang bersaudara sama-sama membawa salinan gen ‘kolok’ dan tidak ada gen normal yang dapat menggantikannya, sehingga menyebabkan anak lahir dengan ketulian dan kebisuan.




Artikel : Difabel Bisu Tuli Desa Bengkala 
Penulis : Ayu Saraswati 

Berita KULKULBALI.co
(klik disini untuk informasi selengkapnya)
...

Yang menarik lainnya dalam satu daerah

...

LAYANAN

...

Berikut adalah beberapa layanan yang kami berikan untuk Anda.

RENT CAR

Kami menyediakan beragam pilihan kendaraan yang aman dan nyaman dengan tarif bersaing.

TIKET PESAWAT

Kami juga melayani booking tiket pesawat dari berbagai maskapai. Waktu dan destinasi Anda yang menentukan.

HOTEL RESERVATION

Anda bisa melakukan booking hotel dengan leluasa. Kami akan memberikan list hotel sesuai dengan keinginan dan budget Anda.

PAKET TOUR

Kami memiliki beragam paket wisata di Bali, mulai dari yang adventurous hingga bulan madu yang romantis.

PEMESANAN

...

Untuk melakukan pemesanan silahkan isi form dibawah ini.
Sertakan nama paket dalam kolom pesanan.

PEMESANAN

ALAMAT KAMI

  • Jalan Diponegoro No.160, Pertokoan IDT Genteng Biru A-26, Denpasar 80119
    Bali - Indonesia
  • (+62) 851 00 788 255
  • info@mybalitransport.com
  • 9.00am - 5.00pm